Putra Sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat dukungan dari banyak partai untuk maju d[i pemilihan wali kota Suraarta. (Dery/Ridwansah)

intren.id – Partai Golkar sedang dalam proses penjaringan calon kepala daerah. Meski demikian, ada beberapa kabupaten/kota yang sudah menyerahkan rekomendasi ke provinsi. Partai beringin itu juga hampir pasti mengusung keluarga Presiden Jokowi di dua daerah berbeda.

Keluarga presiden yang dimaksud tentu saja Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Jokowi yang akan berkontestasi pada pilkada Kota Solo. Satu lagi adalah Bobby Nasution, menantu Jokowi yang maju di pilkada Kota Medan.

Wakil Ketua Korbid Kelembagaan DPP Partai Golkar Demisioner Yahya Zaini menjelaskan bahwa kepengurusan DPP Partai Golkar sebenarnya belum terbentuk. Meski demikian, penjaringan calon kepala daerah tetap bisa dilaksanakan. Bahkan, ada yang sudah selesai. ”Yang saya tahu, di Jatim sudah diserahkan ke DPD I,” terang dia saat dihubungi Jawa Pos kemarin (13/1).

Kapan DPP Partai Golkar akan mengeluarkan rekomendasi untuk seluruh daerah? Yahya mengatakan, Golkar berencana lebih dahulu mengumumkan kepengurusan partai di tingkat pusat pertengahan bulan ini. Baru kemudian rekomendasi untuk pilkada bisa dikeluarkan. ”Kemungkinan rekomendasinya mulai dikeluarkan Februari mendatang,” ucap dia.

Menantu Presiden Jokowi, Bobby Afif Nasution. (Folly Akbar/Jawa Pos)

Menurut dia, penyusunan rekomendasi pilkada biasanya tidak membutuhkan waktu lama. Jika DPD I (provinsi) sudah mengeluarkan keputusan, DPP akan cepat mengumumkan rekomendasi.

Meski demikian, Partai Golkar di sejumlah daerah sudah terang-terangan mengungkapkan calon yang bakal diusung. Salah satunya pilkada Kota Solo. Menurut Yahya, sangat mungkin partainya mendukung Gibran. ”Arahnya ke situ,” ujar politikus kelahiran Bawean, Gresik, itu.

Ada beberapa pertimbangan Partai Golkar dalam mendukung Gibran. Yang pertama, kata dia, hubungan Partai Golkar dengan Presiden Jokowi cukup baik. Selain itu, partainya ingin ke depan ada tokoh muda yang memimpin Kota Solo.

Begitu pula pilkada Kota Medan. Yahya mengatakan, Bobby sudah secara resmi mendaftar calon kepala daerah melalui Partai Golkar. Jadi, partai beringin juga akan mendukungnya. ”Sekarang tinggal menunggu rekomendasi dari DPP,” ungkap dia.(jpg)