Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Dok.JawaPos.com)

intren.id – Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk menjaga pertumbuhan ekonomi di kisaran 5 persen. Salah satunya mempercepat penyaluran bantuan sosial (bansos) pada Januari atau kuartal pertama 2020.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menuturkan, bansos yang dicairkan bulan ini, antara lain, program keluarga harapan (PKH) dan dana desa.

Tahun ini pemerintah mengalokasikan anggaran bansos Rp 102,9 triliun atau meningkat 3,3 persen jika dibandingkan dengan realisasi bansos di APBN 2020.

Secara terpisah, Direktur Jaminan Sosial Keluarga Kementerian Sosial (Kemensos) Muhammad Royani mengakui dana program keluarga harapan cair lebih cepat dua minggu daripada rencana semula. Tahun ini alokasi dana bansos PKH mencapai Rp 29 triliun yang akan dibagikan dalam empat tahap. Artinya, pada pertengahan Januari ini dicairkan dana PKH Rp 7,25 triliun.

Selain PKH, dana desa akan dicairkan sejak awal tahun. Dana desa Rp 72 triliun rencananya dicairkan dalam empat tahap. Dengan demikian, pada Januari ini dana desa yang dicairkan mencapai 20 persen atau setara Rp 14,5 triliun. Dengan begitu, bansos berupa PKH dan dana desa yang dicairkan pada Januari ini mencapai Rp 21 triliun. Menurut Royani, bencana di awal tahun menjadi salah satu alasan percepatan penyaluran bantuan PKH.(dee/mia/c19/noe)