Para digital influencer bertubuh jumbo yang tetap pede dan sukses di bidangnya. (dok. XTOXPLUS)

intren.id – Perempuan harus kuat dalam melawan stigma kecantikan yang ada di masyarakat, bahwa cantik itu identik dengan tubuh langsing, kulit putih, dan selalu terlihat menarik dengan outfit yang bervariasi. Perempuan harus berani berbicara (speak up). Stigma tersebut juga kerap membuat wanita bertubuh gemuk atau ‘plus-size‘, menghadapi banyak tantangan dalam bersosialisasi, berkarir bahkan dalam meraih mimpi mereka.

Sebuah kampanye digital yang dilakukan XTOXPLUS berjudul #XtraordinaryYou berpesan bahwa fisik bukanlah halangan semua perempuan untuk berprestasi dan tampil menarik. Pesannya, bahwa perempuan bertubuh jumbo juga membutuhkan gaya pakaian modis, bervariasi, dan nyaman.

Selain itu, XTOXPLUS juga menggagas video kampanye yang akan memberikan gambaran penting bahwa kepercayaan diri seseorang dapat tumbuh dari kenyamanan dan penerimaan terhadap diri sendiri (self-acceptance). Kampanye anti-bullying ini didukung oleh empat orang KOL (Key Opinion Leader) atau Digital Influencer.

“Keempatnya adalah profesional dan berprestasi dalam beberapa bidang. Bahwa mereka merepresentasikan perwakilan kaum hawa berbobot plus size yang tetap percaya diri dengan penampilan mereka,” kata Yuky Stephanie dari XTOXPLUS kepada wartawan baru-baru ini.

1. Fahmia Badib (Ukuran 8 XL)
Adalah seorang professional belly dancer dengan berat 103 kilogram, berhasil mematahkan stigma bahwa seorang penari perut harus selalu bertubuh langsing. Ia sukses menjadi penari perut Indonesia yang bertubuh gemuk.

“Jangan biarkan siapapun dan apapun menghalangi dirimu, karena perempuan itu lebih dari sekedar fisik saja;” tegasnya.

2. Ni Putu Chandra (Ukuran 5 XL)
Akrab dipanggil Tutu adalah seorang Beauty Vlogger yang menyelesaikan studi master degree-nya di Queensland University Australia. Ia menjadi salah satu fashion dan make-up enthusiast.

Dia juga merupakan content creator. Tutu kerap mengkampanyekan bahwa setiap perempuan memiliki hak untuk terlihat cantik tanpa menekankan pada jenis dan warna kulit, tipe rambut maupun ukuran tubuh dan baju yang dipakainya.

“Beauty is being confident and comfortable with your own body and also with yourself,” jelasnya.

3. Sealy Rica (Ukuran 7 XL)
Adalah seorang Fashion Enthusiast & Influencer. Dia mampu tetap tegar melawan body shamming dan bullying di masyarakat dengan keunikan dirinya. Lebih jauh lagi, ia akan selalu mengeksplorasi gaya pakaian, make-up dan kecantikan untuk kaum wanita plus size.

“Menjadi pribadi yang menyenangkan tidak melulu memerlukan wajah cantik atau tubuh kurus karena semua itu berangkat dari hati yang tulus,” ujarnya.

4. Shena Malsiana (Ukuran 5 XL)
Adalah seorang Billboard Singer yang telah berhasil menciptakan image yang kuat pada dirinya sendiri dengan keunikannya dalam berpenampilan dan berkarya dalam bermusik dan bernyanyi. Menurutnya kesuksesan dan dukungan akan dapat mudah diraih.

“Kita harus berdamai dulu dengan diri kita sendiri. Karena fisik itu hanya mendatangkan, tetapi menjadi pribadi yang baik itu yang bertahan,” tegasnya.(jpg)