Ainur Rachmawaty bersama sahabatnya, Nunung Ernawati (membawa papan juara 1) berpose bersama pemenang juara 2 dan 3, serta para dewan juri kompetisi Dapur Lazada 2019. (istimewa)

intren.id – Balado Ayam Kemangi sukses menjadi yang terbaik dalam event kompetisi kuliner Dapur Lazada 2019, Senin (14/10/2019). Dibuat dan dikreasikan oleh Ainur Rachmawaty bersama sahabatnya, Nunung Ernawati, sajian ini sukses mengalahkan menu-menu mewah para peserta lain seperti Baked Spices Mayonaise Tilapia Bread dan Lemon Butter Chicken With Sauteed Vegetables.

“Saya tidak menyangka dengan sajian dan menu yang sederhana ini bisa memenangkan kompetisi ini dan menjadi yang terbaik,” tutur Ainur mengungkapkan perasaannya.

Perjalanan jauh Ainur dan Nunung dari Surabaya ke Almond Zucchini di Jakarta Selatan yang menjadi penyelenggaraan kompetisi garapan situs e-commerce Lazada ini pun terbayar. Sebagai juara pertama, keduanya berhak atas paket liburan 3H2M di Ayana Labuan Bajo untuk dua orang. Bentuk dan hadiah kompetisi ini memang sesuai dengan tema yang diambil yaitu ‘Masak Bersama Sahabat.’

“Ini merupakan kali keempat penyelenggaraan kompetisi kuliner Dapur Lazada. Tahun ini kami sengaja mengambil tema memasak bersama sahabat, setelah pada tahun-tahun sebelumnya kami mengambil tema memasak sendiri dan memasak bersama keluarga. Sehingga pada tahun ini, peserta mesti mengajak sahabatnya untuk memasak bersama dalam kompetisi,” jelas Evelyn Yonathan selaku Category Director General Merchandise Lazada Indonesia.

Dia mengurai, tujuan utama di balik kampanye Dapur Lazada setiap tahunnya yaitu untuk terus menghadirkan jajaran produk unggulan kategori peralatan dapur, makan, dan perabotan rumah tangga. Yaitu dengan cara yang inspiratif dan menghubungkan konsumen melalui topik favorit mereka, dalam hal ini kuliner.

“Tahun ini, pendekatan kami berfokus pada perayaan dan penghargaan sederhana bagi para koki rumahan berbakat dari seluruh penjuru negeri melalui pencarian bakat nasional secara digital,” terang Evelyn.

Menurut dia, pentingnya kelompok masyarakat ini tercermin di pertumbuhan dua-digit YoY pada kategori unggulan. Yang digerakkan oleh peralatan masak dan perabotan dapur elektronik, terutama dari Flagship Store merek-merek nasional dan internasional terkemuka di LazMall. Kategori produk tersebut yang dihadirkan Lazada di situsnya merupakan hal penting bagi brand dan konsumen.

Dalam kompetisi ini, para peserta dari berbagai daerah unjuk kemampuan menyajikan hidangan kuliner yang terbaik. Dipersiapkan dengan produk-produk Maxim dan Philips, hidangan kuliner para peserta ini kemudian dinilai oleh para juri, meliputi tiga koki kenamaan Indonesia yaitu Yuda Bustara, Martin Praja, dan Chef Nunu.

Selain ketiga juri tersebut, bertindak sebagai juri lainnya yaitu Yongky Sentosa selaku Country General Manager Personal Health Philips Indonesia; Edwin Siswanto selaku GM Sales & Marketing Maxim Indonesia; serta Evelyn dari Lazada. Para juri menentukan tiga pemenang melalui penilaian berdasarkan tehnik kreasi, formulasi, presentasi, dan cita rasa menu.

Salah seorang koki yang menjadi juri, Yuda Bustara mengatakan, Dapur Lazada adalah salah satu kompetisi favoritnya. Pembawa acara program kuliner di televisi ini mengaku kagum atas proses kreasi penciptaan kuliner para finalis Dapur Lazada.

“Saya kebetulan pernah juga menjadi dewan juri sebelumnya, dan saya menyaksikan secara langsung betapa tinggi dedikasi para finalis dalam menyempurnakan hidangan mereka,” terang Yuda.

Menurut dia, ‘Masak Bersama Sahabat’ adalah tema yang sempurna untuk kompetisi tahun ini. Hal ini karena orang Indonesia senang berkumpul dan bergaul bersama keluarga, kerabat, dan sahabat sambil menikmati hidangan atau cemilan buatan sendiri.

“Masyarakat Indonesia juga dikenal gemar menjaga tali silaturahmi dengan mengirimkan makanan baik berupa cemilan, hidangan utama, atau pencuci mulut,” tambahnya. (luk)