Pevita Pearce, pemeran Sri Asih, saat konferensi pers Sabtu malam (21/9) di Jakarta. Dia mempersiapkan diri dengan berlatih bela diri. Foto atas, teaser poster film Sri Asih. (Haritsah Almudatsir/JPC)

intren.id – Perempuan itu menatap tajam ke arah mobil yang memuat serum. Dengan sekali gerakan, selendang merahnya dilecutkan ke arah mobil yang melaju kencang tersebut. Mobil itu kemudian terguling. Disertai tumpahnya serum berbahaya. Tanpa aksi lebih lanjut, dia segera pergi. Meninggalkan Gundala (Abimana Aryasatya) yang kebingungan.

Itulah scene kemunculan Sri Asih (Pevita Pearce) dalam Gundala. Selain adegan itu, Sri Asih juga muncul di mid-credit sceneGundala. Dalam balutan setelan rapi, Sri Asih yang didampingi pengawalnya (Zack Lee) naik ke mobil mewah.

Kemunculan Sri Asih di Gundala sebenarnya adalah pemanasan. Jagoan ciptaan mendiang R.A. Kosasih pada 1954 tersebut bakal punya film sendiri. Dengan judul Sri Asih, film karya Upi itu akan tayang tahun depan. Naskah film sudah tuntas ditulis Upi. ’’Tinggal diperbaiki dikit-dikit,” ujarnya saat pengumuman Sri Asih Sabtu malam (21/9) di Senayan City, Jakarta Pusat.

Soal sinopsis, Upi belum mau memaparkan. Yang pasti, sutradara My Stupid Boss tersebut akan mengangkat kisah origin atau asal usul Sri Asih. ’’Saya memosisikan diri sebagai orang yang nggak tahu siapa itu Sri Asih. Jadi, bakal ada kisah kehidupan awalnya, lahirnya gimana, terus awal dia mendapat kekuatan,” paparnya.

Sosok Sri Asih yang diangkat Upi tak jauh berbeda dengan konsep yang sudah ada. Dia adalah dewi pembela kebenaran yang menitis dalam diri seseorang dari generasi ke generasi. Karena itu, Sri Asih yang akan muncul di film adalah tokoh baru. ”Tapi, saya belum bisa kasih tahu nama aslinya,” kata Upi.

Di sisi lain, Pevita, sang pelakon, sudah melakukan persiapan. Itu adalah kali pertama dia berperan sebagai jagoan. Dari media sosial, aktris 26 tahun itu tampak giat berlatih bela diri bersama aktor laga Iko Uwais dan timnya di sebuah sasana.

Persiapan fisik ditempuh Pevita selama 9 bulan. Bintang film Sebelum Iblis Menjemput tersebut harus punya muscle memory (hafal gerakan tubuh saat bertarung). Pada awal latihan, badan Pevita sempat memar-memar. ’’Tapi, sekarang udah mendingan. Aku malah excited karena bisa memerankan jagoan Indonesia. Generasi sekarang pun perlu tahu tentang Sri Asih,” tuturnya.

Karena lahir puluhan tahun setelah Sri Asih diciptakan, Pevita awalnya merasa asing dengan karakter jagoan pertama Indonesia itu. Sebagai bentuk riset, Pevita membuka komik-komik Sri Asih. Ditambah arahan tim Bumilangit, kini Pevita punya gambaran tentang sosok jagoan yang akan dia perankan itu. ”Soal identitas, kekuatan, sama detail cerita, nanti ya tunggu tahun depan,” ucapnya.

Kemarin teaser poster Sri Asih dirilis. Kata Upi, tangan itu memberikan gambaran tentang sosok Sri Asih. ”Pokoknya, Sri Asih itu inspiring, tangguh, dan menawan,” urai Pevita saat diminta mendeskripsikan Sri Asih. Rencananya, proses syuting dimulai pada akhir 2019 atau awal 2020. (jpg)