Sutradara Joko Anwar di depan poster film Perempuan Tanah Jahanam. (JP)

intren.id – Sineas Joko Anwar memang dikenal sebagai sutradara yang menelurkan film-film Indonesia dengan taste festival film dunia. Sehingga filmnya pun tak lepas dari sorotan dan kritikan. Seperti sorotan akan para aktor yang terlibat dalam film Joko Anwar.

Beberapa film garapan Joko Anwar memang terlihat menghadirkan aktor dan aktris yang sama. Sebut saja Tara Basro yang bermain dalam film ‘Perempuan Tanah Jahanam’, juga terlibat dalam ‘Gundala’. Bahkan, dara kelahiran 1990 ini juga bermain dalam film ‘Pengabdi Setan’.

Lalu ada pula aktor seperti Ario Bayu yang bermain di film ‘Perempuan Tanah Jahanam’, yang sebelumnya juga bermain dalam film ‘Gundala’. Kemudian Marissa Anita yang juga muncul dalam film ‘Perempuan Tanah Jahanam’, yang jug main dalam ‘Gundala’.

Ketika dikonfirmasi, mengapa memilih aktor yang hampir sama dalam setiap filmnya, Joko Anwar menegaskan dirinya mencari aktor terbaik.

“Enggak kok, enggak itu lagi itu lagi. Di Perempuan Tanah Jahanam justru saya banyak memakai artis dari daerah, ada audisi di Banyuwangi, Bangil, Malang. Dan 50 persen pemain baru,” kata Joko Anwar dalam peluncuran trailer dan poster Perempuan Tanah Jahanam baru-baru ini.

Dia mencontohkan ada peran guru agama dalam film ‘Perempuan Tanah Jahanam’. Kemudian ada juga driver ojek online yang mendapatkan peran penting.

Dia menegaskan semua pemain sudah melewati proses casting. Semua pemain dalam ‘Perempuan Tanah Jahanam’ misalnya, 1 orang mengalahkan sekitar 30 kandidat. “Kan mau bikin yang terbaik, saya mau ambil yang jelek kan enggak mungkin” ujar Joko Anwar.

Hal senada ditegaskan aktor Ario Bayu. Dia bermain di film Joko Anwar sudah melewati casting. “Semua ada casting, saya pun di-casting,” jelas Ario Bayu.

Hal senada juga diungkapkan aktris Tara Basro. Bekerja sama dengan Joko Anwar membuatnya mendapatkan tantangan dan pengalaman dalam setiap film

“Kalau saya sih suka kerja sama dengan Joko Anwar. Dia selalu mau dapat yang lebih dari pemainnya. Film Gundala dan Perempuan Tanah Jahanam jeda waktu syutingnya sudah lama sih. Dan Perempuan Tanah Jahanam (enggak sama) beda banget dengan Pengabdi Setan,” tandas Tara Basro. (jpg)